Koarmada III Sangat Memperhatikan Keamanan Maritim dan Kejahatan Antar Negara




Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) menegaskan bahwa Komando Armada III dan jajaran sangat memiliki perhatian kepada keamanan maritim dan kejahatan antar negara di wilayah kerjanya khususnya di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) III.


Penegasan tersebut dikemukakan Pangkoarmada III kepada Panglima Armada Angkatan Laut Singapura (Fleet Commander Of Republic Of Singapore Navy/RSN), Rear Admiral Saw Shi Tat pada video conference dalam acara Introductory Session di Ruang Puskodal Koarmada III, Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Senin (2/11/2020). 


Pada kesempatan ini, Pangkoarmada III memperkenalkan pejabat yang mendampingi, yakni Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah, Asrena Pangkoarmada III Kolonel Laut (P) Ridwan, S.T., M.Han., dan Asintel Pangkoarmada III Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo
.
Menurut Pangkoarmada III bahwa TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut  Singapura memiliki hubungan bilateral yang baik dan sukses antara TNI AL dan Angkatan Laut singapura. “Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas terlaksananya video conference ini dan berharap bahwa komunikasi ini dapat menjadi kenangan yang baik untuk meningkatkan hubungan silaturahmi diantara Armada Angkatan Laut kedua negara,” ujarnya. 


Pangkoarmada III juga menjelaskan secara umum tentang sejarah singkat Koarmada III yang baru didirikan setelah Koarmada I dan Koarmada II, diresmikan pada tanggal 11 Mei 2018 oleh Panglima TNI. Wilayah kerja Koarmada III terbentang dari Maluku sampai Papua Barat dan memiliki empat Lantamal. “Saya adalah Panglima kedua setelah Koarmada III ini didirikan,” ujarnya.  


Sementara itu Panglima Armada Angkatan Laut Singapura mengucapkan terima kasih kepada Pangkoarmada III atas kesempatan meluangkan waktu untuk video conference. Semoga pertemuan ini dapat semakin meningkatkan hubungan dan persahabatan yang telah terjalin dengan baik selama ini antar Armada Angkatan Laut kedua negara. 
Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

Post a Comment

0 Comments