Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 100/PS Hadiri pengukuhan 13 Kepala Suku Baru Pegunungan Tengah Kabupaten Keerom




Keerom-Papua dikenal dengan banyaknya suku yang tersebar di beberapa daerah dimana setiap suku memiliki satu pemimpin (Kepala Suku), salah satunya daerah Kabupaten Keerom yang baru saja melaksanakan pengukuhan sekaligus pelantikan 13 Kepala Suku baru se pegunungan tengah, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif Raider 100/PS turut hadir sebagai Tamu undangan dan Turut membantu dalam mengamankan salah satu kegiatan adat pelantikan Kepala Suku se pegunungan tengah yang dilaksanakan di Kampung Wonorejo, Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Sabtu,(30/10/2020).

Adapun yang hadir pada pengukuhan tersebut di antaranya Dansatgas Yonif Raider 100/PS Mayor Inf M. Zia Ulhaq, 
Kapolres Keerom AKBP Emile Reisitei Hartanto, Bupati Membramo tengah Ricky Ham pagawak, Bupati Keerom Muh Markum, Ketua Sekretaris RKI Herman Wapo, beserta 13 Kepala Suku sepegunungan tengah di antaranya (1) Arius Witipo (2) Markus Asso (3) Denis Urpon (4) A. Lerik Nekwek (5) Daniel Tabuni (6) Tomas Wenda (7) Pius Wanimbo (8) Benyamin Kogoya (9) Markus Enembe (10) Peleki Enembe (11) Piter Giay (12) Nimbrot Pigome (13) Pius Butu, Tokoh agama,adat, dan Tokoh masyarakat beserta masyarakat Kabupaten Keerom yang dihadiri ± 300 orang.

Disampaikan Dansatgas bahwa
kegiatan yang berlangsung selama 1 hari ini berlangsung sangat meriah, acara dimulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, kemudian menyanyikan lagu Tanahku Papua, pembacaan doa, pembacaan SK kepada Kepala Suku yang baru, acara pelantikan, kata sambutan masing masing tokoh undangan, dilanjutkan makan bersama dan diakhiri dengan doa penutup.

Lebih lanjut dijelaskan, pelaksanaan pengukuhan 13 kepala suku tersebut, juga ditambahi dengan acara bakar batu yang dimana personel Satgas Yonif Raider 100/PS turun tangan membantu proses bakar batu tersebut, serta dilanjutkan tarian adat, kemudian ditandai dengan penyematan mahkota Cendrawasih kepada 13 Kepala Suku yang akan dikukuhkan. "Selama kegiatan Personel Satgas Yonif Raider 100/PS ikut memeriahkan tradisi adat bersama-sama dengan warga yang merupakan wujud kebersamaan dan kedekatan Personel Satgas dengan masyarakat Papua," pungkasnya.

Dansatgas disambut sukacita oleh para Kepala Suku sepegunungan tengah serta masyarakat yang hadir, dan dilanjutkan dengan prosesi adat yang berlangsung khidmat sebagai ungkapan syukur seluruh masyarakat atas diangkatnya 13 Kepala Suku sepegunungan tengah.

Seusai mengikuti acara pengukuhan, Simon Kossay yang menjabat sebagai Kepala Suku Umum menyampaikan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan siap membela NKRI dan diharapkan kepada 13 Kepala Suku tersebut dapat membawa masyarakat dalam damai dan sejahtera, "kepada seluruh perangkat yang telah hadir dan membantu acara ini, saya ucapkan terimakasih sebanyak banyaknya, semoga Tuhan memberkati," tutupnya.

Post a Comment

0 Comments