Antisipasi Bencana, Pemda-TNI-Polri Tabalong dituntut tanggap dan sinergi.




TANJUNG – Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kodim 1008/Tanjung bersama Polres Tabalong menggelar apel siaga bencana, Jumat (13/11).

Apel gelar pasukan guna memastikan perlengkapan serta kesiapsiagaan Tim Gabungan dalam rangka persiapan penanggulangan bencana alam tahun 2020.

Apel dilaksanakan di halaman Pendopo Bersinar, Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani didampingi Pasi Ops Kodim 1008/Tanjung, Kapten Inf Dwi Prayitno dan Wakapolres Tabalong Kompol Iwan Wahyu Purnomo.

Apel juga diikuti Polres Tabalong Polda Kalsel, TNI, Satpol PP, RAPI, UPPBS, Basarnas, Dishub, Damkar.

Bupati Tabalong H. Anang Syakfiani dalam sambutannya menyebutkan, dalam rangka mengantisipasi potensi bencana alam, kesiapan personil serta perlengkapan Tim Gabungan merupakan sebuah kekuatan, baik ditingkat kabupaten hingga kecamatan dapat difungsikan secara penuh.

“Kita sadar bahwa bencana bisa datang kapan saja dan di mana saja, siang ataupun malam, pagi maupun petang. Melalui upaya seperti ini diharapkan dapat diminimalisir timbulnya kerugian yang lebih besar akibat bencana, baik timbulnya korban jiwa maupun material," Ucap Anang.

Mencermati ancaman itu Pemda, TNI Polri dan seluruh instansi terkait dituntut selalu tanggap dan sinergi untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi dan merumuskan langkah-langkah proaktif terhadap berbagai kemungkinan terjadinya bencana dan dampak yang ditimbulkan dari bencana tersebut. 

Kemudian, Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani berharap kepada seluruh Camat bersama Kapolsek dan Danramil agar selalu mengupdate peta rawan bencana, menyiapkan jalur evakuasi dan titik kumpul evakuasi yang ada di tiap-tiap wilayah kerjanya masing-masing.

Apel gabungan dalam rangka siaga darurat penanganan bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung Kabupaten Tabalong dijadikan sebagai momen tolak ukur kegiatan tahun sebelumnya sehingga kegiatan tahun 2020 bisa lebih maksimal. (Pendim1008).

Post a Comment

0 Comments