Wasrik Jamin Produktivitas SDM Untuk Pencapaian Tugas Pokok Organisasi




Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., menegaskan bahwa pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) semakin besar perannya dalam upaya menjamin produktivitas, efisiensi dan efektivitas pengelolaan sumber daya manusia guna pencapaian tugas pokok organisasi. Peran tersebut diperlukan untuk menjawab tuntutan perkembangan lingkungan yang mendorong semakin pentingnya penerapan sistem manajemen modern di seluruh aspek pembinaan.



Penegasan tersebut dikemukakan Pangkoarmada III dalam sambutannya pada Taklimat Akhir Audit Kinerja Itjen TNI di Komando/Satuan TNI Wilayah Papua Barat. Taklimat Akhir ini diselenggarakan di Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Senin (26/10/2020), dihadiri Kepala Staf Koarmada III Laksma TNI Maman Firmansyah, Komandan Korem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri, S.E, Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E., dan Komandan Pasmar 3 Sorong Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi. Sementara Tim Wasrik Itjen TNI terdiri dari Irops Itjen TNI Brigjen TNI Fauzi Rusli, S.H., Kolonel Inf Heru Supriyanto, M.M., M.Mar, CFrA dan Kolonel Laut Merpati Supiarso, S.H., M.M., CFrA.


Menurut Pangkoarmada III lebih lanjut, bahwa untuk menjamin tercapainya tugas pokok organisasi secara optimal dihadapkan keterbatasan sumber daya, dibutuhkan proses perencanaan secara cermat dan akurat disertai supervisi yang menyentuh pelaksanaan seluruh aspek kegiatan organisasi. “Ini berarti menempatkan fungsi dan peran Wasrik menjadi semakin penting guna mewujudkan terselenggaranya pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang benar sampai satuan-satuan tingkat bawah,” tegasnya. 


Khusus di Koarmada III dan jajaran, Wasrik tersebut juga merupakan salah satu implementasi prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bahwa peningkatan program dan anggaran berbasis kinerja dan berorientasi hasil yang mendukung penguatan Reformasi Birokrasi.


Pada kesempatan tersebut, Inspektur Jenderal TNI Letjen TNI M. Herindra yang diwakili Irops Itjen TNI menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan audit mulau tanggal 30 September sampai dengan 26 Oktober 2020 dengan lancar, tertib, dan aman sesuai dengan kaidah-kaidah kode etik Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dan standar Audit serta tetap mematihi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. 
Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

Post a Comment

0 Comments