Selain Bertani Masyarakat di Lokasi TMMD Brebes Menangkap Ikan Dengan Alat Tradisional





Brebes – Bagi Sertu Mukhson, anggota Yonif 406 Candra Kusuma, waktu luang di sela-sela tugasnya sebagai anggota Satgas TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, kabupaten Brebes, Jawa Tengah, tak disia-siakannya begitu saja.

Terlihat dirinya tak segan untuk belajar ilmu membuat alat tangkap ikan tradisional dari anyaman bambu kepada masyarakat setempat, yaitu bubu. Sabtu (17/10/2020).

“Ini saya lakukan saat jam istirahat kerja pembangunan jalan atau di pekerjaan rehab rumah tidak layak huni,” ungkapnya.

Menurutnya, selain Komsos (Komunikasi Sosial) dengan warga Kalinusu, barangkali ilmu tersebut bermanfaat saat tugas operasi di pedalaman atau pulau-pulau terluar nantinya.

Sertu Mukhson mengapresiasi para nelayan Kalinusu, yang memanfaatkan Kali Keruh dan Kali Pemali, dengan menggunakan alat tangkap ikan ramah lingkungan, seperti pancing, jala, dan bubu itu.

Sementara dikatakan Slamet (59), warga Dusun Karanganyar RT. 02 RW. 01, Kalinusu, bahwa keterampilannya tersebut diperoleh turun-temurun, dan sampai saat ini dirinya berusaha melestarikannya.

“Nanti juga akan saya wariskan kepada anak cucu saya, supaya mereka terbiasa menangkap ikan dengan cara yang baik,” ungkapnya.

Slamet juga menyatakan senang dikunjungi tentara yang mau belajar membuat kerajinan tangan tersebut.

"Baru kali ini ada tentara yang mau belajar seperti ini kepada saya,” imbuhnya mengapresiasi.

Tak lupa Slamet mengajak kepada seluruh pihak agar tetap melestarikan ekosistem air untuk generasi selanjutnya, yaitu tangkap ikan ramah lingkungan. (Rus/Aan)

Post a Comment

0 Comments