Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Selenggarakan Kuliah Umum






TNI AL - STTAL Surabaya, Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) sebagai salah satu Lembaga Pendidikan di TNI Angkatan Laut yang menitikberatkan pada penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) sudah sepatutnya STTAL berperan  aktif dalam perkembangan revolusi industri 4.0 serta teknologi-teknologi baru yang menyertainya. STTAL juga berkomitmen untuk terus berkonstribusi aktif dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul sebagai investasi pertahanan jangka panjang untuk menguasai teknologi masa depan, sejalan dengan transformasi kebijakan pertahanan yang digariskan oleh pemerintah.

Untuk itu STTAL menyelenggarakan Kuliah Umum dengan menghadirkan narasumber Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang diwakili oleh Asisten Perencanaan dan Anggaran Kasal, Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, S.E., M.M.
dengan topik "Pembangunan dan Pembinaan Kekuatan TNI Angkatan Laut", secara virtual dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, bertempat di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (21/10/2020).

Kekuatan pertahanan maritim yang kuat dan tangguh merupakan suatu kebutuhan agar pertahanan maritim itu kuat dan keamanan maritim dapat terjaga dan kedaulatan negara di laut dapat ditegakkan.  Untuk mewujudkan sasaran tersebut diperlukan dukungan dari semua pihak dibawah naungan konsep Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta, oleh sebab itu bahwa interoperabilitas, diplomasi, leadership, sinergitas dan strategi adalah 5 (lima) kata kunci dalam pembangunan kekuatan pertahanan dan keamanan yang tangguh baik di darat, laut maupun di udara.

Sebelumnya, kegiatan Kuliah Umum ini dibuka secara langsung oleh Komandan STTAL Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil. yang dalam sambutannya antara lain menyampaikan bahwa tema kuliah umum pada hari ini yakni "Kesiapan dan Peran TNI Angkatan Laut Dalam Kebijakan Investasi Pertahanan Ditinjau dari Perspektif Program Pembangunan Kekuatan TNI Angkatan Laut", sangat berkaitan erat dengan kurikulum pendidikan di STTAL. Sehingga materi kuliah umum sangat bermanfaat bagi para mahasiswa STTAL, terutama sebagai bahan referensi dalam penyusunan tugas akhir, skripsi, dan thesis mahasiswa, "ungkap Komandan STTAL.

Kuliah umum yang diselenggarakan hari
ini juga sangat mendapatkan antusiasme yang sangat tinggi dengan banyaknya respon aktif pertanyaan pada sesi tanya jawab yang disampaikan oleh 260 peserta yang terdiri dari Staf, Dosen Tetap, Mahasiswa S2, S1 dan D3 STTAL kepada narasumber Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, S.E., M.M, yang juga dihadiri oleh Wakil Komandan STTAL, Kolonel Laut (T) Abdul Rahman, S.T., M.T., Seklem, Para Direktur STTAL yang dilaksanakan secara virtual di Ruang Rapat Gedung Soewarso Kampus STTAL Bumimoro Surabaya, merupakan salah satu perwujudan dari peran serta aktif STTAL dalam memenuhi tuntutan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, serta upaya kita semua dalam menghadapi era keterbukaan informasi dan revolusi industri 4.0. 

Demikian Berita Bagian Penerangan STTAL.

Post a Comment

0 Comments