Satgas Yonif 407/PK gelar Sunatan Massal Door To Door di Daerah Perbatasan





Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Batalyon Infanteri 407/Padmakusuma menggelar sunatan massal door to door dengan mendatangi warga yang tidak mampu di Dusun Keluin desa Mensiau Kec. Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Rabu (28/10/2020)

Ditengah wabah Covid-19 Satgas Pamtas Yonif 407/PK berinisiatif menggelar sunatan massal door to door dengan mendatangi langsung rumah warga didaerah perbatasan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Yonif 407/PK yang ke-56, "kata Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK, Letkol Inf Catur Irawan, S.I.P., M.I.P di Pos Kotis Nanga Badau, Rabu.

Ia menjelaskan, selain peringatan HUT Yonif 407/PK, kegiatan itu juga dalam rangka melaksanakan pembinaan teritorial terhadap masyarakat yang ada di wilayah perbatasan RI (Kalbar) - Malaysia.

Menurutnya, masyarakat menyambut baik kegiatan sunatan massal itu, sebab saat ini sunat memerlukan dana yang cukup besar sehingga terkadang bagi orang yang tidak mampu akan mengalami kesulitan untuk melaksanakannya, Apalagi ditengah wabah pandemi Covid-19 ini, untuk itulah Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK berinisiatif menggelar sunatan massal door to door dengan mendatangi langsung rumah warga yang membutuhkan.

"Satgas Pamtas ingin memberikan solusi bagi warga perbatasan yang kesulitan untuk melakukan khitanan, dengan mendatangi langsung ke rumah-rumah, apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini," katanya.

Melalui kegiatan tersebut, Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK berharap dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat, terutama di bidang kesehatan untuk masyarakat yang ada di tapal batas.

Dijelaskannya, bahwa sunat bukan hanya berkaitan dengan agama dengan melakukan khitan atau sunat, laki-laki akan tercegah dari berbagai penyakit yang berkaitan dengan reproduksi. Penyakit menular seksual ada kaitannya laki-laki tersebut pernah disunat atau tidak. 

"Bisa jadi, kalau belum disunat ada bibit penyakit yang masih tertinggal," katanya.

Post a Comment

0 Comments