Pangdam V/Brawijaya Resmikan Koramil 0811/20 Grabagan Tuban




Tuban – Dalam hal pemekaran wilayah dan alih fungsi Posramil menjadi Koramil secara resmi di Satuan Komando Distrik Militer (Kodim) 0811 Tuban. Panglima Kodam (Pangdam) V/Brawijaya, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Widodo Iryansah, S.Sos, M.M lakukan kunjungan kerja di wilayah Kodim 0811 Tuban, dalam rangka peresmian Pos Rayon Militer (Posramil) menjadi Komando Rayon Militer (Koramil), yakni Posramil 0811/05 Grabagan menjadi Koramil 0811/20 Grabagan. Selasa (20/10/2020)

Kegiatan ini dihadiri oleh Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansah, S.Sos,. M.M, Irdam V/Brawijaya Brigjen TNI Arie Subekti, S.A.P, Kapok Sahli Kodam V/Brawijaya Brigjen TNI Yoyok Bagus Budiyanto, Danrem 082/CPYJ Kolonel Inf M. Dariyanto, Asrendam V/Brawijaya Kolonel Arh Bambang Utomo, Asintel Kasdam V/Brawijaya Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, Asops Kasdam V/Brawijaya Kolonel Inf Handoko Prasetyo, S.I.P, Aspers Kasdam V/Brawijaya Kolonel Inf Heri Budi Purnomo, S.I.P., M.M, Aslog Kasdam V/Brawijaya Kolonel Inf Ade Andrean, S.AP, M.AP, Aster Kasdam V/Brawijaya Kolonel Inf Ahmad Basuki, Kazidam V/Brawijaya Kolonel Czi Budi Pamudji, Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Villiala Romandhon, S.E, M.I.Pol, Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K, S.H, M.H, Bupati Kab.Tuban H. Fathul Huda, Wabup Kab.Tuban H. Ir. Noor Nahar Husein, M.Si, Ketua DPRD Kab.Tuban H. M. Miyadi, S.Ag.

Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Villiala Romandhon, S.E, M.I.Pol dalam laporannya mengatakan, “Awal sebelum ada anggota Pos Ramil 0811/05 Grabagan, yang mana masih bergabung dengan Kantor Satpol PP Kec. Grabagan dan pada tahun 2011 pembangunan Pos Koramil Ramil 0811/05 Grabagan mulai dibangun diatas tanah 1078 M2. Proses pembentukan tersebut karena pemekaran wilayah di Kab. Tuban, dimana Kec. Grabagan diambilkan dari Desa-desa yang berada di Kec. Semanding, Rengel dan Soko. Pada tahun 2016 Pemerintah Kab. Tuban menghibahkan Bangunan 178 M2 beserta tanah seluas 1078 M2 ke Kodim 0811 Tuban. Pada tanggal 24 Agustus 2020 atas Skep Kasad maka Pos Ramil 0811/05 Grabagan berubah menjadi Koramil 0811/20 Grabagan,” ucap Dandim.

Bupati Kab. Tuban H. Fathul Huda dalam sambutannya mengatakan, “Berdirinya Kecamatan Grabagan terjadi dengan adanya pemekaran wilayah pada tahun 2013, yang mana desanya diambilkan dari tiga Kecamatan yaitu dari Kec. Semanding, Rengel dan Soko. Kabupaten Tuban juga salah satu sentra pertanian di Indonesia, selain pertanian Kabupaten juga merupakan kabupaten Industri No. 4 di Provinsi Jawa Timur. Dengan hadirnya TNI-Polri, maka kami merasa aman dan mafia pupuk di wilayah Tuban sudah ada tidak lagi di Kabupaten Tuban. Berkat kerja keras TNI-Polri di Tuban ini dalam melaksanakan Sosialisasi dan Himbauan serta Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19, sehingga dapat membawa Kab. Tuban ke zona kuning pada saat pandemi Virus Corona (Covid-19). Sementara saat ini juga Kab. Tuban sedang adanya perhelatan dalam Pilkada serentak tahun 2020, dengan kerja sama dari pihak TNI-Polri maka situasi Tuban Alhamdulillah Kondusif,” tutur Bupati.

Dalam sambutannya, Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Widodo Iryansah, S.Sos, M.M, mengaku bersyukur, berkat kerja keras, dukungan, partisipasi seluruh anggota dan berbagai pihak, pembangunan Posramil Grabagan menjadi Koramil, sehingga patut diapresiasi dan dijadikan contoh bagi satuan lain. 
"Atas nama Komando, saya menyampaikan ucapan terima kasih setinggi-tingginya kepada Pemda Kab. Tuban, yang telah menghibahkan Kantor Koramil 0811/20 Grabagan pada Kodim 0811 Tuban, hal ini tidak terlepas dari komunikasi antara Forkopimca Grabagan dan Forkopimda Kab. Tuban beserta jajarannya yang sudah berpartisipasi dalam pembangunan Posramil Grabagan dan sekarang sudah menjadi Koramil 0811/20 Grabagan," ungkap Pangdam.

Pihaknya menghimbau, dengan diresmikan Koramil yang ada di jajaran Kodim 0811/Tuban ini, diharapkan dapat lebih meningkatkan etos kerja, pengabdian dan kontribusi bagi Kodam V/Brawijaya, TNI-AD.
“Dengan akan diresmikannya Koramil 0811/20 Grabagan, yang nantinya akan dijabat oleh seorang perwira, yang sebelumnya dijabat oleh Bintara Tingi, harapannya kordinasi agar lebih bagus antara Forkopimda. Ditengah Pamdemi Covid-19 sesuai sambutan Bupati Tuban, bahwa saat ini Kab. Tuban sudah status kuning, hal ini tidak terlepas dari kerjasama dengan semua pihak dan tetap terus terjalin. Sebentar lagi Kab. Tuban juga akan melakukan Pilkada serentak 2020, oleh karenanya agar pejabat untuk segera memetakan kemungkinan yang akan timbul, sehingga bisa diantisipasi lebih dini.

Apalagi, lanjut Pangdam, seiring dengan tugas di masa mendatang akan semakin komplek dan dinamis. Sebab itu, ia berpesan kepada seluruh anggota Koramil 0811/20 Grabagan, agar pangkalan ini bisa dijadikan tempat kerja yang nyaman, aman, asri dan selalu dipelihara serta dirawat secara permanen.
"Setelah diresmikannya Koramil 0811/20 Grabagan agar segera dipenuhi personilnya, agar dapat membantu tugas-tugas Pemerintah terutama Kecamatan. Dan tidak luput untuk merawat pangkalan, sehingga masa penggunaan bangunan ini bisa digunakan dengan masa pakai yang lama," tegasnya.

Sementara, Pjs. Komandan Rayon Militer (Danramil) 0811/20 Grabagan, Kapten Inf Hendi Kuswardjianto mengaku senang bisa dipercaya untuk menjadi Danramil 0811/20 Grabagan.
"Ini adalah tantangan bagi saya, dalam menjalankan tugas di tempat/wilayah Koramil 0811/20 yang baru diresmikan oleh Pangdam V/Brawijaya," Pungkasnya.

Kegiatan Kunjungan Kerja Mayjen TNI Widodo Iryansah, S.Sos,. MM (Pangdam V/Brawijaya) di Koramil 0811-20/Grabangan Kodim 0811/Tuban, tersebut dalam rangka peresmian Koramil 0811/20 Grabagan. Pembentukan tersebut karena pemekaran wilayah di Kabupaten Tuban khususnya Kecamatan Grabagan. (Pen Tuban)

Post a Comment

0 Comments