Menjadi tauladan dalam ketahanan pangan, Pos Wamsisi SSK I bantu perekonomian warga dengan panen cabai dan bawang

Wamsisi, Kab. P. Buru, 20 Oktober 2020




Dalam pelaksanaan tugasnya, Pos Wamsisi SSK I, Satgas Yonif RK 732/Banau, Kolakops Rem 151, turut aktif dalam pelaksanaan ketahan pangan yang ditujukan untuk membantu perekonomian warga Dusun Tabat, Kampung Waesoar, dengan bertanam cabai dan bawang yang telah berhasil di panen sampai dengan Selasa (20/10/2020).

Kegiatan ketahanan pangan tersebut diprakarsai atas inisiatif Praka Harianto, anggota personil Pos Wamsisi SSK I, yang mengamati lahan kosong berukuran 40 m x 80 m, tidak jauh dari letak Pos Wamsisi SSK I. Setelah ditelusuri, tanah tersebu adalah milik Dinas Sosial setempat yang sudah diserahkan kepada Dusun Tabat, tepatnya di Kampung Waesor. Dengan berdasar hal tersebut, Praka Harianto meminta izin kepada Bapak Ferry, orang yang dituakan di Kampung Waesor, untuk menggunakan lahan kosong tersebut, dimanfaatkan sebagai lahan bercocok tanam. Bapak Ferry pun mendukung dan mengapresiasi niat dari Praka Harianto tersebut.

Tahapan demi tahapan dilakukan oleh Praka Harianto bersama-sama dengan personil Pos Wamsisi SSK I dari mulai awal penyiapan lahan, yang semulanya masih semak belukar, menjadi lahan yang siap pakai untuk bercocok tanam. Penyemaian sendiri dimulai pada tanggal 14 Juni 2020 dan hasil semai tersebut siap ditanam pada tanggal 5 Juli 2020. Bermodal dengan tekad dan semangat, Praka Haianto bersama anggota personil Pos Wamsisi SSK I lainnya aktif untuk menjaga serta merawat aktifitas bertanam cabai dan bawang tersebut.

Tepatnya pada tanggal 23 September 2020, dilaksanakan panen pertama kali bersama-sama dengan warga setemat. Danpos Wamsisi SSK I, Letda Inf Ilham Hernanda, menyampaikan bahwa hasil panen awal diberikan langsung kepada masyarakat setempat agar mereka juga menikmati hasilnya. Sampai dengan tanggal 20 Oktober 2020 ini telah dipanen secara keseluruhan yakni 130 kg bawang (sudah terpanen habis), dan 250 kg cabai yang mana panen cabai tersebut sementara masih berlangsung dan diperkirakan akan selesai pada bulan Oktober ini.

Bapak Ferry, selaku pihak yang tertua di Kampung Waesor, menyampaikan apresiasinya terhadap apa yang telah dilakukan oleh personil Pos Wamsisi SSK I dengan melaksanakan ketahanan pangan berupa penanaman bawang dan juga cabai, yang mana hasil panennya pun dapat dinikmati oleh warga. Berkat keberhasilan tersebut, Bapak Ferry bersama kelompok tani setempat berncana untuk melakukan Giat Buka Lahan untuk penanaman Bawang dengan mengundang personil Pos Wamsisi SSK I sebagai penyampai materi mengacu pada kesuksesan akan berocok tanam bawang dan cabai tersebut.

Dalam rilis resminya di Kotis Waiheru pada Selasa (20/10/2020), Dansatgas Yonif RK 732/Banau, Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, S.H., M.Si., menyampaikan, “Saya turut bangga atas apa yang dilakukan oleh anggota personil Pos Wamsisi SSK I. Dengan memanfaatkan apa yang ada, hal tersebut dapat disulap menjadi hal yang luar biasa seperti bertanam cabai dan bawang tersebut. Kepada pihak Kampung Waesor, saya juga turut berterimakasih dengan mempercayai personil Satgas Yonif RK 732/Banau, khususnya personil Pos Wamsisi SSK I untuk menjadi role model dalam pelaksanaan ketahanan pangan di wilayah kampung tersebut”.

Post a Comment

0 Comments