Akademi Angkatan Laut Ikuti Desk Evaluation pembangunan Zona Integritas 2020 dari KEMENPAN RB



Surabaya, (28/10).

Akademi Angkatan Laut (AAL) mengikuti pelaksanaan Desk Evaluation pembangunan Zona Integritas (ZI) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia yang digelar secara virtual di Ruang Rapat Utama Gedung R. Soebijakto, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Selasa kemarin. 

Wakil Gubernur AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E. mewakili Gubernur AAL Laksda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) membuka acara tersebut. Tampak hadir Sekretaris Lembaga AAL Laksma TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr (Han) dan enam Kepala Bidang pengungkit Zona Integritas di jajaran AAL lainnya. Sementara untuk Paparan ZI AAL disampaikan Sekretaris ZI AAL Letkol Laut (KH) Dr. Muhammad Saichu, M.Pd.

Wagub AAL saat membuka acara menyampaikan bahwa pelaksanaan Desk Evaluation Zona Integritas AAL dari Kemenpan RB ini, merupakan kali kedua dilaksanakan sejak tahun 2019 lalu dalam upaya pelaksanaan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di AAL.
 
Kegiatan ini lanjut Wagub AAL, merupakan wahana yang tepat untuk menyampaikan pelaksanaan pembangunan ZI di AAL sebagaimana yang telah digariskan dalam kebijakan dan arahan pemimpin TNI AL, khususnya Reformasi Birokrasi.

“Reformasi Birokrasi ini  bertujuan untuk menciptakan pemerintah yang profesional dengan karakteristik, berintegrasi, berkinerja tinggi, bebas dan bersih KKN, mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi, dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara,” terangnya.

Selain itu juga mendorong terwujudnya perubahan yang lebih baik di dalam internal organisasi yang meliputi aspek doktrin, struktur, kultur dan mindset yang merupakan bagian integral dari Reformasi Birokrasi Nasional. Adapun tujuan Reformasi Birokrasi (RB) ini adalah membangun Zona Integritas menuju WBK dan WBBM.

Dalam kesempatan evaluasi tersebut, Tim ZI AAL menjawab berbagai pertanyaan yang diberikan Tim Kemenpan RB (Ibu Hatni & Bapak Reza) berkaitan dengan pelaksanaan pembangunan Zona Integritas di satker AAL, berkaitan dengan enam bidang pengungkit Zona Integritas yaitu Bidang Manajeman Perubahan, Bidang Manajemen Tata Laksana, Bidang Tata Sistem SDM Aparatur, Bidang Akuntabilitas Kinerja, Bidang Pengawasan dan Bidang Pelayanan Publik.

Wagub berharap, dari pelaksanaan Desk Evaluation Zona Integritas dari Kemenpan RB ini, AAL tahun 2020 ini bisa lolos dan mendapat predikat WBK.

Kabagpen AAL,
Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos.

Post a Comment

0 Comments